You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Cibodas

Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

PEMERINTAH DESA CIBODAS LAKSANAKAN NORMALISASI SUNGAI


PEMERINTAH DESA CIBODAS LAKSANAKAN NORMALISASI SUNGAI

 

Pemerintah Desa Cibodas Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung laksanakan normalisasi sungai Cigiri - Cibodas, Minggu (26/12). Dipimpin langsung oleh Kepala Desa Cibodas Willy Nugraha Wirasasmita bersama warga dari wilayah Dusun III dan IV terdiri dari RW 04, 05, 06, 07, 08 dan 16, unsur Aparat Desa, BPD Desa Cibodas, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan seluruh anggota Linmas Siaga Desa Cibodas.

Pada kesempatan tersebut, normalisasi sungai sepanjang kurang lebih 1,5 kilo meter dilaksanakan secara bersama-sama. "Selain silaturahmi, juga pelaksanaan normalisasi ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir bandang selama menghadapi musim penghujan tahun ini" ucap Kades Willy.

Lebih lanjut Kades Willy menambahkan dengan dilaksanakannya normalisasi sungai ini diharapkan warga dapat menjaga kebersihan sungai secara bersama-sama dan kedepannya dijadikan potensi yang dapat dikembangkan.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pula pembagian insentif Linmas Siaga Desa Cibodas untuk triwulan ke empat Tahun Anggaran 2021 dan penyerahan Kartu BPJS Ketenagakerjaan oleh Kepala Desa Cibodas Willy Nugraha Wirasasmita.

Hal tersebut merupakan salah satu program Bupati Bandung H. M. Dadang Supriatna, selain untuk memberikan perlindungan terhadap linmas, program tersebut juga merupakan upaya pemerintah daerah dalam merealisasikan salah-satu misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Linmas merupakan garda terdepan di lapangan yang selama ini kurang perhatian. Dengan pemberian BPJS Ketenagakerjaan, diharapkan mereka merasa terlindungi. Karena jika suatu saat nanti terjadi kecelakaan atau meninggal karena kecelakaan kerja, ahli warisnya akan menerima manfaat dari keanggotaan BPJS ini,” jelas bupati.

Sementara pembukaan buku rekening, merupakan upayanya dalam menciptakan transparansi keuangan. Bupati Bandung H. M. Dadang  Supriatna menjelaskan, nantinya rekening tersebut akan digunakan untuk penyaluran honorarium dan bantuan lainnya bagi anggota satgas linmas.

Hingga saat ini Pemkab Bandung telah menyediakan sekitar 43 ribu kartu keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan dan 70.000 buku rekening BJB.

“Untuk BPJS Ketenagakerjaan akan diberikan kepada 17.600 ketua RT, 4.200 Ketua RW, 5.600 hansip dan 17.000 guru ngaji. Tahun ini, insya Allah kami juga akan memberikan 70.000 buku rekening BJB,” terangnya didampingi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bandung, Kawaludin.

Tak lupa, bupati juga mengapresiasi pihak BPJS Ketenagakerjaan dan BJB yang telah membantunya dalam mewujudkan program Pemkab Bandung.

“Terimakasih kepada seluruh jajaran BPJS Ketenagakerjaan dan Bank BJB Cabang Soreang, atas peran aktif dan kontribusi yang luar biasa dalam mewujudkan salah satu program dari pemerintah kabupaten bandung, yaitu memberikan perlindungan sosial ekonomi bagi para pekerja,” ucap Bupati.

Sementara Kepala Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Jawa barat, Suwilwan Rachmat menyampaikan, tak hanya memberikan perlindungan jaminan sosial kepada linmas, Pemkab Bandung juga telah menyiapkan program BPJS Ketenagakerjaan bagi pegawai non Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Berdasarkan evaluasi yang diberikan Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), Kabupaten Bandung sudah menganggarkan belanja jaminan sosial dan kematian untuk para pekerja non ASN,” ungkap Suwilwan.

Dirinya mengapresiasi Pemkab Bandung yang telah memberikan perlindungan kepada pekerja. Menurutnya, langkah tersebut nantinya akan bermuara pada tercapainya visi misi yang dicanangkan Bupati Bandung Dadang Supriatna. (Diew)

 

 

Bagikan artikel ini:
Komentar